It EASY with Printer DTG ( Direct To Garment ) – Pakai Printer DTG itu gampang

Printer DTG Mudah Rusak, Kalo Anda Tidak Melakukan Ini

Printer DTG ( Direct To Garment ) Adalah jenis printer yang menggunakan media cetak textile seperti cotton combad, cotton cardet, TC, dll.

Printer jenis ini menggunakan tinta pigment, warna tinta yang digunakan biasanya Cyan, Magenta, Yellow, Black dan White.

Rata-rata produsen printer DTG di Indonesia merakit/modifikasPrinter DTG dengan menggunakan base printer Epson R1390 dan R2000.

Perkembangan printer DTG di Indonesia sangat pesat dari tahun 2008 sampai saat ini, kebutuhan para pengusaha akan produk yang berkualitas dan layanan purna jual juga sangat dibutuhkan.

Berbagai jenis produk yang mereka tawarkan dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan produk luar dengan hasil cetak yang tidak kalah bagus.

Dengan pengalaman kami di bidang Printer DTG dari tahun 2009 sampai sekarang, kami dapat memberikan beberapa tips untuk pemula  Printer DTG ( Direct To Garment ) pada umumnya

Cara Memilih Produsen Printer DTG yang Tepat :

Sebelum anda memilih produsen printer DTG, tentunya anda harus mengerti betul produk yang mereka tawarkan. Hasil cetak biasanya tidak terlalu berbeda, yang harusa anda perhatikan adalah apakah kerangka mekaniknya kokoh ? , apakah mudah saat di operasikan ?,design dari printernya sendiri juga sangat berpengaruh ketika suatu saat anda melakukan maintenance, anda juga harus melihat dari segi efisiensi dan efektifitas produk tersebut, yang paling terpenting adalah layanan purna jaul seperti garansi mesin minim 1 tahun dan pelayanan perbaikan yang harus anda perhatikan, karna investasi yanga akan anda percayakan kepada prdusen tersebut tidaklah sedikit.

 Cara Pengeoperasian Printer DTG ( Standar Operation Procedure ) dengan baik dan benar :

Selalu cek secara berkala kebersihan printer dan selalu di cek segala komponen-komponen di printer DTG, Karena printer telah di modifikasi , jadi kita perlu perhatian khusus untuk komponen-komponennya.

Sejalan dengan waktu pasti ada komponen-komponen yang harus di ganti atau di perbaiki, di harapkan dapat menghubungi dengan pembuat/ perakit mesin DTG tersebut.

Lakukan secara berkala proses print dengan printer ini. Karena  bila kita jarang memakai printer ini , biasanya ada beberapa komponen yang sensitive bila jarang digunakan , gunakan gambar-gambar sederhana atau hanya print untuk cek nozzle saja

Cara Merawat Printer DTG

Perawatan printer DTG sebenarnya sama pada printer pada umumnya, hanya pada printer DTG anda harus lebih intens dan teliti.

Mengocok tinta sebelum printer beroperasi, hal ini sangat penting karenaPrinter DTG dengan tinta putih mengandung TIO2 atau Titanium Dioksida yang kadar pengendapanya sekitar 4-5 jam, bila tidak terkontrol dengan baik endapan tersebut dapat menyebabkan hasil print tidak maksimal dan jika dibiarkan dapat menyebabkan mampetnya pada print head

Head Cleaning, lakukan head cleaning saat anda akan memulai aktivitas denagn printer DTG dan pada saat saalah satu warna tinta tidak maksimal / ada warna yang tidak keluar.

Cek Berkala , lakukan pengecekan secara berkala seperti membersihkan sisa tinta pada frame print head, bersihkan pompa pembuangan pada capingstation, bersihkan encoder strip dan bulat dari debu yang menempel.

Suhu Ruanagan, semua masalah pada printer DTG biasanya berawal dari ini, suhu ruangan yang tidak sesuai atau terlalu panas untuk printer dtg, suhu ruangan yang tepat unuk printer DTG sekitar 21 – 27®c anda harus perhatikan betul hal ini, banayak para pengusaha DTG yang baru merintis usaha ini mengalami masalah dengan Printer DTG yang menyebabkan harus mengganti part seperti Print Head yang harganya tidak murah.

Paradikma seperti Printer DTG mudah rusak menurut saya tidaklah benar, jika anda perhatikan point di atas tentu anda akan terhindar dari paradikma tersebut.

Karena printer DTG, Printer UV, Printer Kertas pada umunya hanyalah sebuah mesin elektronik, yang tentunya memerlukan sentuhan perawatan dengan cara yang benar.

Mudah-mudahan artikel saya bermanfaat untuk teman-teman yang mungkin baru akan memulai dengan usaha DTG. Terimakasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>