RIP – RASTER IMAGE PROCESSOR

Printer DTG merupakan mesin sablon kaos satuan berteknologi tinggi terbaru yang menggabungkan antara teknologi Head Printer dengan tinta khusus untuk sablon. Cara kerja printer DTG ini adalah untuk mencetak sablon gambar. Semua gambar bisa dicetak dengan printer ini baik itu dari design photoshop maupun design vector. Bisa juga dari foto biasa langsung dicetak diatas kaos jadi dengan resolusi yang tinggi.

Untuk mencetak gambar pada kaos berwarna gelap, printer DTG memerlukan tinta warna putih. Mengapa harus menggunakan tinta putih? Karena untuk mencetak gambar pada kaos berwarna gelap, tidak bisa hanya dengan menggunakan tinta CMYK saja. Perlu dilapisi terlebih dahulu dengan warna putih. Untuk mencetak dengan tinta warna putih, printer DTG memerlukan program khusus yang disebut dengan RIP (Raster Image Processor). Pada dasarnya ini adalah software yang digunakan untuk memisahkan warna pada gambar. Dengan program ini, printer bisa mengenali bagian gambar yang akan dicetak dengan tinta putih, dan bagian gambar yang akan dicetak dengan warna lain.

ACRORIPBanyak perusahaan yang memproduksi software RIP, antara lain: ACRORIP, EG-DOC RIP, IMAGENEST RIP, dan masih banyak lagi. Beberapa printer yang support dengan software RIP adalah Epson Stylus Photo 2100/2200, Stylus Photo 1390/1400, Stylus Photo 1290, Stylus R290, Stylus R230, Stylus R1800, Stylus R2400, Stylus Pro 4880/7880, Stylus PRO 4800/7800.

Cara menggunakan software ini adalah dengan mensettingĀ  printer DTG pada PC dengan cata menginstall driver printer. Lalu menginstall software RIP. Software RIP biasanya didukung oleh fitur pilihan warna baik itu untuk print yang normal ataupun digunakan untuk tinta putih (print di kaos gelap atau hitam). Selain itu, penyesuaian atau pengaturan dari output tintanya sangat fleksibel namun bisa diatur sesuai keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>